Karakteristik & Prilaku Pembeli
Pasar Industri
Karakteristik
dari pasar industri antara lain :
1. Pembeli lebih sedikit dibandingkan dengan
pasar konsumsi,
pasar
industri memiliki jumlah industri yang jauh lebih kecil. Misalnya Good Year,
Tire Company, masih sangat tergantung pada pesanan dari salah satu pabrik
terbesar.
2. Pembeli dengan skala yang lebih besar.
Dalam
pasar yang sangat luas, jumlah pembeli sangat sedikit namun volume pembelian
sebagian besar banyak yang dikonsumsi.Contohnya Jenis industri seperti sepeda
motor, telepon, telegram, rokok, mesin pesawat terbang dan suku cadangnya, dan
serat organik. Empat besar
dari produsen tersebut di atas memberi lebih dari 70 % hasil produksi.
3. Hubungan yang erat antara pemasok dan
pelanggan
dikarenakan dengan sedikitnya jumlah
pelanggan dan pentingnya serta kuatnya posisi pelanggan besar pada pemasok,
maka terlihat adanya hubungan erat antara pelanggan dengan pemasok dalam pasar
industri. Pemasok seringkali diminta untuk menyesuaikan produk mereka dengan
kebutuhan pelanggan secara individual.
4. Pembeli yang terpusat secara geografis.
Di
Amerika, lebih dari setengah jumlah pembeli yang terdapat dalam pasar industri
terpusat pada tujuh negara bagian. Konsentrasi geografis lebih terlihat pada industrinya, karet dan besi baja.
5. Permintaan turunan.
Kalau kita pelajari sebenarnya permintaan pasar atas barang industri pada
akhirnya berasal dari permintaan atas barang konsumsi.
6. Permintaan inelastik.
Permintaan total atas barang- barang dan jasa industri tidak terlalu
dipengaruhi oleh perubahan harga. Misalnya, Pabrik sepatu tidak akan membeli
kulit dalam jumlah yang lebih besar hanya karena jatuhnya harga. Sebaliknya
juga mereka tidak akan mengurangi pembelian bila harganya naik, kecuali mereka mereka
mendapatkan pengganti dari kulit yang memadai.
7. Permintaan Berfluktuasi.
Permintaan atas barang dan jasa industri cenderung lebih mudah berubah
daripada barang industri. Hal ini terjadi terutama pada permintaan mesin- mesin
dan peralatan baru.
8. Pembelian professional.
Barang- barang industri biasanya dibeli
oleh agen yang sudah terlatih secara professional. Mereka menggunakan setiap
jam kerja mereka untuk belajar yakni bagaimana cara membeli yang lebih baik.
9. Beberapa pengaruh pembelian.
Pada
umumnya lebih banyak orang yang mempengaruhi pengambilan keputusan pada setiap pembelian dari barang
industri. Dibandingkan dengan pengambilan keputusan pembelian produk konsumen.
Karakteristik tambahan dari pembelian industri :
Ø Pembelian langsung. Pembeli industri sering membeli lansung dari produsen daripada
melewati perantara, terutama untuk barang- barang yang dari segi teknisnya
rumit atau mahal.
Ø Timbal balik. Pembeli industri tidak jarang memilih pembekal yang juga membeli
sesuatu dari mereka. Contoh dari timbal balik ini ialah pabrik kertas yang
membeli bahan- bahan kimia dari perusahaan yang membeli kertasnya juga. Di
Amerika Serikat cara timbal balik yang dilakukan agar mencegah persaingan
dengan cara- cara yang tidak adil, dilarang oleh Komisi Perdagangan Federal dan
Divisi antitrust dalam Departemen Kehakiman.
Ø Sewa beli ( leasing ).
Sat ini pembeli industri semakin beralih dari membeli ke sistem sewa beli atau
leasing. Hal ini banyak dilakukan untuk computer, mesin- mesin sepatu, mesin
kemasan, peralatan berat, truk, mobil dan sebagainya. Pihak yang meminjam (
Lessee ) mendapat banyak manfaat seperti misalnya memiliki modal yang lebih
mudah diperoleh, mendapatkan barang yang terbaru, jasa terbaik dan juga
keringanan pajak.
Kalau kita
berbicara mengenai prilaku pembeli pada pasar industri itu berarti kita harus
mengetahui tentang “Bagaimana Pembeli Industri Menetapkan Pembelian ?”.
Pembeli
industri tidak membeli barang dan jasa untuk konsumsi atau kegunaan pribadi.
Mereka membeli sesuatu atas dasar untuk mencari keuntungan atau untuk menekan
biaya operasi, atau juga untuk menemukan kewajiban dan legal.
Sebagai
contoh :
Suatu
perusahaan akan menambah mesin atau tools lainnya apabila mereka melihat adanya
peluang untuk meningkatkan keuntungan.
Hal-hal yang mempengaruhi keputusan pembelian
Dalam kenyataannya, pembeli industri
sangat memperhatikan baik factor ekonomik dan factor pribadi. Bila ada kesamaan
yang besar dalam tawaran penjual, maka pembeli industri tidak akan begitu
memperhatikan unsure rasional.
Webster dan Wind telah berhasil
mengelompokkan berbagai pengaruh pada pembeli industri kedalam 4 kelompok besar
yaitu :
·
Faktor lingkungan;
·
Faktor Organisasi;
·
Faktor Pribadi;
- Factor Perorangan.
Faktor yang
diperlukan untuk keputusan membeli. Bila dilihat dari banyaknya keputusan yang
harus diambil oleh pembeli, Maka jumlah paling sedikit terjadi pada situasi
pembelian- ulang- langsung dan terbanyak pada situasi tugas-baru. Dalam situasi
tugas-baru ini, pembeli harus menentukan spesifikasi produk, batasan harga,
syarat dan waktu penyerahan, syarat- syarat garansi, persyaratan pembayaran,
jumlah pesanan, pembekal mana yang memakai dan mana yang dipilih. Sementara ini
berbagai pihak yang berbeda mempengaruhi masing- masing jenis keputusan tadi,
dan pesanan dari masing- masing pihak tadi pun beragam pula.
Hal-hal yang mempengaruhi keputusan pembelian
Pusat pembelian terdiri dari seluruh
anggota organisasi yang berperan dalam salah satu dari enam peran yang ada
dalam proses pengambilan keputusan membeli, yakni:
Ø Pemakai. Pemakai adalah
anggota kelompok yang akan menggunakan atau memakai produk dan / atu jasa.
Dalam banyak hal, pemakailah yang memprakarsai usulan membeli dan menetapkan
spesifikasi produk.
Ø Pendorong. Pendorong orang- orang yang mempengaruhi keputusan membeli. Maka
sering membantu dalam penetapan spesifikasi dan juga menyajikan informasi yang
diperlukan dalam menilai berbagai pilihan.
Ø Penentu. Penentu adalah
pejabat yang mempunyai kekuasaan untuk menentukan produk yang diperlukan dan /
atau yang menunjuk para pemasok/ pembekal.
Ø Penyetuju/ approver. Penyetuju
adalah pejabat yang menyetujui transaksi yang diusulkan oleh penentu pemasok.
Ø Pembeli. Pembeli adalah
orang- orang yang dengan wewenang formalnya memilih rekanan pembekal ( supplier
) dan mengatur syarat- syarat pembelian. Pembeli dapat saja membantu menetapkan
spesifikasi produk, namun terutama mereka berperan besar dalam memilih pembekal
dan dalam berunding.
Ø Penjaga gerbang.
Orang-orang yang mengawasi arus informasi ke orang lain disebut penjaga
gerbang. Sering agen pembelian berwenang mencegah penjual tidak bertemu dengan
pemakai atau penentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar